Sebagai negara tropis yang memiliki dua iklim, Indonesia sering kali diliputi oleh cuaca yang cukup panas. Cuaca panas ini biasanya terjadi terutama pada musim kemarau. Bukan hanya itu saja, kota-kota besar juga senantiasa diliputi oleh hawa panas yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu, tak heran apabila sebagian besar orang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. Namun karena hal ini, sering kali tagihan listrik rumah membengkak karena penggunaan AC.

Mengingat penggunaan AC listrik membutuhkan daya yang cukup besar. Nah, untuk mengatasinya, simak tips menghemat listrik AC di bawah ini agar tagihan listrik tidak melonjak!

Tips Menghemat Listrik Ketika Menggunakan AC

1.Pastikan Ruangan Tertutup

Untuk menghemat listrik, yang pertama harus diperhatikan dalam penggunaan AC adalah memastikan bahwa ruangan yang akan menggunakan AC dalam kondisi tertutup. Sirkulasi udara pada sebuah ruangan ber-AC akan mempengaruhi kinerja AC.

Jika AC menyala pada ruangan yang terbuka, hal ini akan membuat sensor suhu tidak stabil dan cenderung terus mengeluarkan energi lebih untuk mendinginkan ruangan. Hal ini juga mengakibatkan suhu di ruangan tersebut tidak cepat dingin karena udara dingin akan terbuang ke ruangan lain.

2.Pengaturan Derajat Suhu

Mengatur derajat suhu AC juga dapat menjadi salah satu langkah untuk menghemat pengunaan listrik AC.

Pengaturan suhu pada angka minimal temperatur tidak disarankan untuk jangka lama karena pada pengaturan suhu minimal kompresor pada AC akan bekerja terus-menerus tanpa henti yang mengakibatkan tagihan listrik semakin membengkak.

Tak hanya tagihan listrik yang semakin membengkak, umur AC tersebut juga akan berkurang karena beban kerja kompresor yang maksimal tanpa henti. Temperatur suhu yang dianjurkan saat menggunakan AC adalah pada 24-27ÂșC.

3.Jangan Gunakan Mode Powerful atau Turbo

Dewasa ini, produk AC dilengkapi dengan mode powerful atau turbo. Mode tersebut diciptakan untuk membuat ruangan menjadi lebih cepat dingin. Walaupun memiliki kegunaan yang sangat membantu, mode tersebut akan membuat fan dan kompresor bekerja lebih keras.

Tak ayal dua mode ini dapat membuat tagihan listrik membengkak karena fan dan kompresor bekerja jauh lebih keras.

4.Tidak Perlu Matikan AC Jika Ditinggal Dalam Waktu Singkat

Sebagian orang berpikir bahwa jika akan meninggalkan ruangan ber-AC harus mematikan sebentar AC kemudian menyalakannya lagi ketika kembali. Padahal, parktik tersebut malah tidak dianjurkan karena kompressor membutuhkan daya 20-30% lebih besar ketika AC mulai dinyalakan. Akibatnya konsumsi daya akan jauh lebih tinggi.

Sebaiknya biarkan AC tetap menyala jika Anda hanya akan bepergian selama 15-30 menit. Kondisi AC yang stabil akan membuat tagihan listrik anda juga lebih stabil.

5.Lakukan Pemeliharan AC Secara Rutin

Agar AC bekerja dengan maksimal dan tidak memakan daya lebih, pastikan kamu melakukan pemeliharaan AC secara rutin. Pada kasus dimana AC dipenuhi dengan kotoran, hal ini dapat membuat kompresor bekerja lebih keras dan tentunya dapat meningkatkan konsumsi daya listrik.

Untuk itu, Anda bisa membersihkan filter AC sebulan sekali dan pembersihan secara keseluruhan setiap 3 bulan sekali. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *