Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, pastinya akan menghadapi berbagai permasalahan. Salah satunya yakni permasalahan terkait perabotan dan berbagai fasilitas pendukung lain pada tempat tinggal.

Biasanya seorang laki-laki akan dituntut untuk dapat melakukan perbaikan baik itu memperbaiki instalasi listrik sederhana, kebocoran pipa, dan lain sebagainya. Namun untuk melakukan hal tersebut diperlukan berbagai peralatan untuk mendukung pekerjaan yang akan dilakukan.

Ibarat seorang tentara, seorang laki-laki juga membutuhkan persenjataan berupa perkakas untuk dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang dijumpai di rumah.

Berikut ini kami rangkum beberapa peralatan pertukangan atau perkakas yang wajib tersedia di rumah:

  1. Obeng

Obeng merupakan salah satu alat yang penting untuk dimiliki, pasalnya benda yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan terutama untuk alat-alat listrik maupun instalasinya.

Obeng yang perlu dimiliki biasanya obeng minus, obeng plus (kembang) dan tespen yang dapat digunakan untuk mendeteksi aliran listrik.

  1. Gergaji

Alat yang tak boleh luput selanjutnya yakni gergaji. Gergaji merupakan peralatan pertukangan yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Gergaji dapat digunakan untuk memotong kayu, pipa maupun besi.

  1. Palu

Palu juga merupakan alat yang wajib untuk dimiliki dan perkakas paling umum dalam setiap rumah. Palu memiliki fungsi untuk memaku, memperbaiki hingga memipihikan benda.

Palu bisa diandalkan dalam menyambungkan kaki-kaki dengan bagian atas meja, menempelkan benda ke tembok atau pintu, hingga memasang bingkai foto.

  1. Paku

Walaupun bukan masuk dalam peralatan, paku juga sangat dibutuhkan dalam sebuah rumah. Pasalnya aksesoris pertukangan yang satu ini akan sangat dibutuhkan untuk memasang sebuah benda di dinding maupun pintu.

Bukan hanya itu saja, jika terdapat perabotan yang patah, paku dapat digunakan untuk memperkuat sambungan pada perabotan tersebut. Adapun paku dibedakan menjadi 2 jenis, paku untuk kayu dan paku baja yang digunakan khusus pada permukaan dinding beton.

  1. Tang

Tang adalah salah satu hand tool yang memiliki fungsi utama sebagai penjepit atau penahan benda kerja. Selain sebagai penjepit, tang biasanya juga digunakan sebagai alat utala dalam perbaikan instalasi listrik.

Tang dapat digunakan untuk memotong kabel, mengelupas lapisan luar kabel dan menyambungkan kabel dengan membuat lilitan yang kuat.

  1. Kunci pas dan Kunci Inggris

Bukan hanya obeng saja, kunci pas dan kunci inggris juga penting untuk dimiliki. Alat ini biasanya dipergunnakan ketika menangani permasalahan pada pipa air maupun mesin-mesin ringan yang mengalami kerusakan.

  1. Meteran

Perkakas yang juga penting untuk dimiliki yakni meteran. Penggaris berbentuk pita yang mudah dibawa kemana-mana ini memiliki fungsi untuk mengukur suatu bidang. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengukur panjang kayu atau pipa ketika hendak dipotong untuk menghasilkan ukuran yang tepat.

Dengan melengkapi daftar perkakas atau alat pertukangan di atas, pekerjaan perbaikan atau pemasangan, maupun pembuatan furniture di rumah bisa dilakukan secara lebih praktis dan tanpa tenaga berlebih. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *