Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang dapat dijumpai hampir diberbagai tempat baik itu diperkotaan ataupun pedesaan. Hewan yang satu ini pun sering dicap sebagai hama karena acapkali merusak barang dan mencuri makanan.

Tak jarang, tikus juga melakukan pengrusakan terhadap kabel listrik maupun baju yang terdapat dalam lemari. Hal itu dilakukan untuk mengasah giginya agar menjadi lebih tajam.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas artikel tentang penyebab tikus masuk rumah dan tinggal dalam sebuah rumah. Dengan mengetahui peyebabnya, maka diharapkan anda bisa mengatasi dan membuat hewan pengerat yang satu ini pergi dari rumah Anda selama-lamanya.

1. Terdapat Sumber Makanan

Tikus tertarik untuk masuk dan tinggal dalam rumah anda dikarenakan terdapat sumber makanan. Terkadang tikus sering mencuri makanan dari tempat penyimpanan bahkan tak jarang tikus juga mencari makanan dalam tempat sampah.

Tikus dapat mendeteksi keberadaan makanan dengan penciumannya yang sensitif. Oleh sebab itu, pastikan tempat sampah dan tempat penyimpanan makanan anda tertutup rapat agar tikus tidak dapat memperoleh makanan.

Dengan nalurinya tersebut, tikus akan perlahan meninggalkan rumah dan mencari sarang baru yang lebih potensial baginya.

2. Adanya Sumber Air

Tikus tak berbeda dengan makhluk hidup lainnya yang sama-sama membutuhkan asupan air untuk menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi. Tikus ini membutuhkan setidaknya 15-30 ml air setiap harinya.

Biasanya tikus dapat memperoleh air didalam rumah salah satunya yakni pada pipa air yang bocor maupun bagian bawah wastafel yang mengalami kebocoran.

3. Tempat Berlindung

Tikus merupakan makhluk yang cukup pemalu. Bukan hanya itu saja, hewan ini juga menyukai tempat yang kering dan tenang untuk tinggal. Oleh sebab itu biasanya tikus akan mencari tempat seperti didalam loteng maupun ditempat-tempat yang jarang dijangkau seseorang.

Tempat perlindungan ini juga digunakan tikus untuk berkembang biak dan membesarkan anak-anaknya. Bukan hanya itu saja, terkadang tikus juga dapat menggerogoti lemari kayu untuk tempatnya berkembang biak untuk mengatasi furniture kayu yang keropos baca Furniture Kayu Keropos, Ini Cara Atasi Hama Rayap dan Teter.

4. Ada Rongga di Tembok Rumah

Apakah anda pernah mendengar suara cicit tikus tapi tidak mengetahui keberadaanya? Bisa jadi hewan pengerat ini berada di dalam tembok, dan terlebih jika tembok dirumah anda ini ada tambahan seperti triplek yang rentan sekali dijadikan sarang.

Selain itu, tikus ini juga biasanya suka bersarang di pipa yang tidak digunakan.

5. Ada Banyak Kardus dan Koran Dirumah

Kardus dan Koran ini menjadi material yang sangat potensial bagi tikus membangun sarang mereka, dimana mereka akan mengumpulkan potongan Koran dan kardus ini untuk menjadi sarang. Maka dari itu, ada baiknya jika ada material seperti ini di rumah, segera anda bersihkan sebelum digunakan tikus untuk membangun sarangnya. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *