Kebocoran atap rumah merupakan hal yang sering terjadi ketika memasuki musim penghujan. Masuknya air hujan kedalam rumah ini ternyata juga dipengaruhi berbagai faktor mulai dari penataan atap, kerusakan atap hingga kemiringan sudut atap.

Permasalahan yang satu ini pun wajib untuk segera ditangani, karena kebocoran rumah dapat mengakibatkan berbagai permasalahan.

Air yang masuk kedalam rumah dapat membuat furniture rumah menjadi rusak, selain itu dapat juga memicu konsleting listrik jika kebocoran terjadi di sekitar area ilstalasi listrik rumah.

Namun untuk memperbaiki kebocoran pada atap rumah ini, sebaiknya Anda perlu mencermati beberapa permasalahan yang kemungkinan mejadi biang keladi dari kebocoran yang terjadi. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebocoran atap rumah sekaligus cara mengatasinya:

1. Posisi Genteng yang Berantakan

Genteng bocor dapat disebabkan oleh posisi genteng yang tidak pas atau berantakan. Posisi yang tidak pas ini dapat menimbulkan rongga yang nantinya dapat menjadi titik masuknya air kedalam rumah. Jika ini penyebabnya, Anda hanya perlu merapikan letak genteng hingga posisinya presisi untuk mengatasi kebocoran.

2. Genteng yang Rusak

Apabila penyebab kebocoran dikarenakan terdapat genteng yang pecah atau rusak, Anda dapat segera menggantinya dengan genteng yang sama bentuknya. Namun jika Anda kesulitan untuk mencari genteng yang sama, Anda bisa gunakan material waterproofing plus serat fiber. Potong serat fiber pada bidang genteng sesuai ukuran, lalu olesi dengan larutan waterproof.

3. Keretakan pada Nok Rumah atau Wuwung

Jika kebocoran terjadi karena terdapat keretakan pada adukan di bawah nok, Anda harus menambal bagian yang retak tersebut dan memberikan pelapis antibocor.

4. Buruknya Konstruksi Atap

Penyebab lain dari kebocoran yang terjadi bisa juga dikarenakan konstruksi atap yang melengkung atau tidak kuat menahan beban. Untuk mengatasi genteng bocor karena hal ini, Anda dapat mengganti konstruksi atap dengan menggunakan material baja ringan.

5. Kerusakan Material pada Talang

Bukan hanya itu saja, kebocoran juga dapat disebabkan karena talang seng yang berkarat atau berlubang. Kita bisa mengganti talang air ini dengan talang yang berjenis zincalume yang notabene lebih tahan karat.

Kebocoran atap rumah ini perlu diwaspadai sejak awal sebelum musim penghujan tiba. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala pada atap rumah untuk menghindari kebocoran. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *