Penggunaan bak mandi dan gayung kini sudah mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Kini orang-orang mulai bertransformasi menuju penggunaan shower pada kamar mandi yang mereka miliki.

Shower ini memiliki kelebihan yakni dapat menghemat tempat sekaligus dapat menghemat air. Bukan hahnya itu saja berbagai bentuk shower yang trendy dan modern juga menambah estetika kamar mandi.

Selain penghematan dan estetika, penggunaan shower juga dapat mempengaruhi kesehatan. Pasalnya air yang digunakan tidak akan mengendap seperti yang terdapat di dalam bak mandi dan juga dapat berpotensi digunakan sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

Nah, untuk kamu yang baru mau memasang shower pada kamar mandimu, ketahui dulu 4 hal ini!

Wall shower ternyata lebih boros daripada hand shower

Shower kamar mandi ada banyak bentuknya. Namun yang paling populer adalah wall shower dan hand shower. Wall shower atau yang biasa disebut built in shower merupakan shower yang dipasang di dinding. Sementara hand shower adalah shower dengan selang yang bisa digerakkan kemana saja, sehingga lebih fleksibel.

Apabila kamu memasang shower untuk berhemat, penggunaan wall shower tidak tepat untuk digunakan. Sebab, kamu tidak bisa mengatur volume air yang keluar layaknya hand shower. Selain itu, hand shower bisa diarahkan ke bagian tubuh tertentu, sehingga lebih efektif dalam menghemat air.

Hindari shower dengan material besi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat ingin memasang shower di kamar mandimu adalah bahan material pembuatan shower, terutama bagian kepala shower. Material yang kurang bagus tentu akan memengaruhi kualitas air yang dikeluarkan. Kepala shower terbaik adalah yang terbuat dari bahan plastik atau aluminium. Hindari kepala shower bermaterial besi karena bisa membuat air berbau dan rasa air pun berubah.

Supaya lebih hemat, pilih shower bertekanan tinggi

Selain memerhatikan bahan materialnya, perhatikan juga berapa besar tekanan air yang dihasilkan dari kepala shower. Cek kembali berapa banyak galon per minutes (gpm) yang dibutuhkan. Pilih shower bertekanan tinggi yang gak memboroskan penggunaan air, sehingga kamu bisa lebih hemat.

Pilih harga shower yang murah, tapi gak murahan

Terakhir, harga juga menjadi hal esensial yang harus kamu perhatikan. Saat ini, harga shower sangat beragam, tergantung material, desain, dan teknologinya. Jangan mudah tergoda dengan shower yang berharga murah, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari shower tersebut. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *