Rumah inden merupakan proyek pembangunan hunian dari sebuah developer yang bentuknya masih berupa rancangan. Pada saat dipasarkan, hunian ini belum siap dibangun karena masih harus melewati beberapa tahapan awal.

Tahapan-tahapan ini mulai dari booking fee, pelunanasan pembayaran atau pengajuan akad KPR, hingga penandatanganan desain rumah yang telah dirancan oleh arsitek.

Rumah inden ini memang cukup menarik bagi pembeli, pasalnya calon konsumen dapat membeli rumah inden dengan cara mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank.

Namun walaupun demikian, masa pembangunan pun rata-rata berlangsung selama 10 hingga 24 bulan hingga akhirnya menjadi perumahan siap huni.

Meski sekilas kelihatannya cukup merugikan, namun ada beberapa keuntungan rumah inden yang perlu Anda garis bawahi.

Harga lebih murah

Seperti yang diketahui, rumah inden umumnya belum dibangun oleh pengembang, dalam artian belum memiliki wujud fisik bangunan.

Maka itu, harga yang ditawarkan biasanya akan lebih murah jika dibandingkan dengan rumah siap huni yang sudah ready stock.

Namun tinggi rendahnya harga tak lepas dari faktor lokasi pembangunan dan infrastruktur yang juga jadi patokan dalam penawaran hunian dengan perbandingan harga yang ditawarkan.

Bisa pilih posisi rumah

Selain harga yang relatif lebih murah, keuntungan rumah inden lainnya yakni Anda bisa dengan bebas memilih posisi rumah tersebut.

Anda bisa memilih rumah paling pojok, posisi rumah hook, dekat gerbang masuk, ataupun di tengah-tengah dengan catatan jika lokasi atau kavling tersebut belum ditempati oleh orang lain.

Biasanya jika Anda membeli dengan cara dicicil, pengembang akan meminta uang tanda jadi untuk booking lokasi rumah yang diinginkan.

Selain itu saat memilih posisi rumah, Anda pun bisa datang ke lokasi perumahan dan mengecek proses pembangunannya.

Bisa request desain rumah

Rumah inden yang masih dalam tahap pembangunan memungkinkan konsumen untuk request desain rumah yang mereka inginkan. Walaupun demikian, terdapat beberapa aturan yang tidak dapat diubah misalnya tampak depan dari sebuah rumah ataupun warna luar sebuah rumah.

Dengan kata lain, konsumen bisa mengubah atau menambahkan tampilan desain rumah sesuai yang diinginkan.

Namun perlu diingat, untuk hal ini diperlukan biaya tambahan atau jasa arsitek.

Dapat dicicil dan banyak promosi menarik

Rumah inden biasanya memiliki jenis pembayaran yang bisa dicicil.

Cicilan ini biasanya disediakan oleh pihak bank dalam bentuk KPR ataupun dari developer itu sendiri.

Selain itu rumah inden menawarkan banyak promosi menarik, mulai dari promo cicilan DP, hadiah berupa fitur rumah, dan banyak lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *