Sebuah rumah kini bukan hanya memiliki kegunaan sebagai tempat tinggal ataupun tempat singgah semata. Terdapat kegunaan lainnya yang tentunya cukup jauh dari pemenuhan kebutuhan primer.

Kegunaan lain dari memiliki rumah saat ini yakni sebagai sarana yang digunakan sebagai alat investasi. Bukan tanpa alasan, hal ini dapat terjadi karena angka permintaan rumah setiap tahun semakin tinggi.

Bukan hanya itu saja, harga dari sebuah rumah pun dapat selalu bertambah setiap tahunnya.

Investasi rumah ini banyak dipilih investor karena memiliki target market yang stabil.

Bagi kamu yang tertarik memilih investasi rumah, berikut adalah keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Investasi Rumah

Berwujud Fisik

Berbeda dengan cabang investasi layaknya saham ataupun aset digital, Anda bisa melihat aset properti seperti rumah dalam bentuk fisik.

Ini merupakan sebuah keuntungan karena bangunannya bisa kamu cek secara rutin dan juga dirawat secara mandiri.

Dengan merawat rumah, harganya bisa semakin naik dan keuntungan yang kamu dapatkan pun semakin tinggi.

Keuntungan yang Tinggi

Salah satu keuntungan yang tak dapat dipungkiri dari investasi rumah yakni harganya yang cenderung mengalami kenaikan.

Investasi rumah mengandalkan bangunan sebagai hunian hingga luas dan harganya bisa disesuaikan.

Tidak hanya itu, harga jual rumah bisa lebih tinggi dari nilai sebelumnya seiring berkembangnya waktu. Di Indonesia, kenaikan harga rumah biasanya terjadi setiap kuartal.

Memiliki Banyak Peminat

Kebutuhan akan properti atau rumah setiap tahunnya semakin meningkat.

Peningkatan kebutuhan ini menyebabkan harga rumah pun ikut terpengaruh yang semakin lama dapat memiliki harga jual yang semakin tinggi.

Hal terebut juga dipengaruhi oleh semakin menipisnya lahan untuk hunian, sehingga sebuah rumah akan semakin berharga karena semakin terbatasnya lahan yang tersedia.

Merupakan Investasi Jangka Panjang

Properti merupakan sebuah investasi jangka panjang karena asetnya bisa dijual 10 atau 30 tahun ke depan dan Anda tidak akan merugi karena nilainya yang dapat semakin meningkat.

Jika Anda belum berencana untuk menjual rumah, opsi sewa dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Selain rumah tersebut akan dirawat oleh penyewa, Anda juga akan mendapatkan passive income atau penghasilan tambahan setiap bulannya.

Kerugian Investasi Rumah

Beban Perawatan

Kerugian investasi rumah adalah biaya perawatan yang cukup tinggi.

Setiap bulan atau tahunnya kamu perlu mengeluarkan uang ekstra untuk merawat rumah.

Rumah yang terbengkalai termasuk sebagai aset gagal dan pastinya tidak diminati orang.

Salah Pemilihan Lokasi Rumah

Salah satu kerugian lainnya yang dapat muncul yakni ketika Anda salah memilih lokasi dimana Anda mendirikan atau membeli sebuah rumah.

Jika lokasi yang dipilih tidak cukup strategis ataupun terdapat pada kawasan rawan bencana misalnya banjir, hal ini dapat mempengaruhi nilai jual rumah yang Anda miliki.

Bukan hanya itu, rencana pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah juga dapat mempengaruhi harga jual dari sebuah rumah pada masa depan.

Jadi pastikan untuk mengetahui bagaimana rencana pengembangan wilayah yang akan dilakukan oleh pemerintah, apakah lokasi tersebut akan dijadikan pusat bisnis, atau pusat industri dan lain sebagainya. ***

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *