Pernahkah kamu merasa kebingungan dengan sisa putih telur yang digunakan untuk pembuatan kue kering saat hari raya? Ternyata putih telur yang biasanya tak terpakai ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kreasi hidangan yang lezat.

Mulai dari oseng mercon hingga kue kering pun dapat diciptakan dari putih telur yang tidak terpakai ini. Biasanya sisa putih telur ini ada karena banyak resep pembuatan kue kering yang hanya membutuhkan kuning telur sebagai salah satu bahan utamanya.

Beberapa kue kering yang sering dimasak sendiri dirumah meliputi castangel, kue nastar, putri salju dan sebagainya. Kue-kue kering ini biasanya hanya menggunakan kuning telur sebagai bahan utamanya. Lalu bagaimana dengan putih telurnya?

Adapun untuk kue kering yang hanya membutuhkan putih telur sebagai salah satu bahan bakunya yakni kue lidah kucing.

Lho lidah kucing? Lidah kucing ini merupakan kue yang berasal dari Belanda, dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan “Katte Tong”

Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini pun sangat cocok disuguhkan berdampingan dengan secangkir teh manis.

Penasaaran bagaimana cara membuat kue lidah kucing ini? Berikut resep dan cara pembuatan kue lidah kucing:

Bahan A

50 gr butter
135 gr margarine
90 gr gula halus

Bahan B

10 gr maizena
20 gr skim
130 gr terigu
1/2 sdm baking powder
1/2 sdm fanili

Bahan C

100 gr putih telur

Cara Pembuatan:

  1. Campur dan kocok semua bahan A hingga mengembang dan berwarna pucat
  2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit, aduk perlahan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  3. Mixer putih telur hingga kaku atau berwarna putih. Setelah mengental, campurkan adonan bahan C ini dengan adonan yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Aduk rata seluruh adonan secara perlahan. Setelah itu masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang telah diberi mata spuit, semprot adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit margarin hingga rata
  5. Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius selama 15 menit. Kecilkan suhu oven menjadi 100 derajat celsius. Panggang kembali selama 15 menit atau hingga kue lidah kucing matang dan kering. Angkat dan dinginkan. Sebelum memanggang, sebaiknya pastikan oven anda sudah dipanaskan terlebih dahulu untuk hasil yang maksimal. *

Baca Juga: 5 Manfaat Jamur Portobello, Salah Satunya Bisa Jadi Pengganti Daging

Instagram Citrakedaton

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *