Pernahkan Anda menemukan lapisan berwana putih pada dinding yang menempel pada pakaian atau badan? Hal ini dinamakan pengapuran pada lapisan dinding.

Proses pengapuran ini menandakan jika terdapat sesuatu yang salah pada lapisan dinding rumah Anda. Bisa Jadi kualitas cat yang digunakan salah ataupun kesalahan dalam proses pencampuran bahan cat yang digunakan.

Fenomena yang juga disebut dengan chalking ini dapat terjadi pada dinding dibagian eksterior maupun interior. Namun, pada dinding eksterior hal ini termasuk cukup normal karena pengaruh perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Sebagai contoh, bagian eksterior seringkali terpapar sinar matahari yang terik dan diguyur hujan, hal ini akan membuat daya tahan cat semakin melemah.

Pengapuran Dinding Eksterior

Sebagai informasi, terjadinya pengapuran pada dinding eksterior rumah biasanya dipengaruhi oleh dua hal, yakni :

  1. Cat dinding interior diaplikasikan pada eksterior rumah. Pada kasus ini, cat interior dan eksterior memiliki kadar dan campuran yang sudah disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Cat eksterior memang memiliki harga yang relatif lebih mahal, namun cat ini dapat bertahan dari paparan cuaca yang ekstrim.
  1. Rusaknya binder. Binder yang dimaksud yaitu bahan pengikat antara komponen-komponen lainnya seperti pewarna dan pelarut. Binder berfungsi menciptakan lapisan film pada cat. Apabila binder rusak maka molekul-molekul cat tidak akan terikat sempurna sehingga menyebabkan pengapuran.

Baca Juga : Ambara Citra, Perumahan Ramah Lingkungan di Utara Candi Prambanan

Pengapuran Dinding Interior

Sementara itu, penyebab pengapuran pada lapisan cat dinding interior dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

  1. Cat yang digunakan terlalu encer. Cat yang encer membuat lapisan film tidak terbentuk secara sempurna. Pasalnya campuran cat yang terlalu encer ini cenderung lebih cepat kering sehingga lapisan cat belum terbentuk secara sempurna.
  1. Kualitas atau mutu cat yang digunakan rendah. Cat dinding dengan mutu rendah memiliki konsentrasi binder yang rendah. Lapisan binder yang rendah tidak akan mengikat molekul-molekul cat secara baik.
  1. Serangan garam-garam alkali, umumnya terjadi pada tembok baru. Hal ini bisa terjadi baik pada lapisan cat dinding interior maupun eksterior. ***

Baca Juga : Tips Memunculkan Nuansa Modern pada Rumah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *