Salah satu Developer terkemuka di Yogyakarta yaitu PT Citra Kedaton Merupakan Developer yang berdiri sejak 2001. Lebih dari 500 unit yang dibangun di Yogyakarta telah di bangun dan di pasarkan .

Seiring pemulihan sektor konstruksi dan real estat yang sudah tumbuh di atas level pra pandemi, insentif PPN DTP 2022 dilanjutkan namun besarnya dikurangi secara terukur (tapering). Untuk itu, kebijakan insentif PPN DTP 2022 diberikan sebesar 50% dari insentif PPN DTP 2021 yaitu 50% atas penjualan rumah paling tinggi Rp2 miliar serta 25% atas penjualan rumah dengan harga di atas Rp2-5 miliar.

Untuk lebih mendorong daya beli masyarakat di sektor industri perumahan guna mempercepat pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional memberikan fasilitas PPN berupa PPN ditanggung pemerintah (DTP) atas penyerahan rumah tapak dan satuan rumah susun. Fasilitas PPN DTP tersebut diterapkan kepada transaksi penyerahan sampai dengan Rp 5 milyar dengan tariff fasilitas regresif dan berlaku selama periode penyerahan Januari sd. September 2022. Ketentuan mengenai pemberian Fasilitas PPN DTP atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK-06/PMK.03/2022.

Membeli rumah bukan perkara yang mudah karena selain memperhatikan beberapa aspek dalam perumahan tersebut. Ada banyak hal administratif yang perlu disiapkan. Seperti Pajak, Biaya Notaris, Biaya KPR bagi yang ingin ber-KPR, Biaya BPHTB, Peningkatan SHM juga. Hal administratif tersebut tentunya juga akan merogoh kocek yang cukup dalam. Nah untuk itu pas banget buat kalian yang akan mengambil rumah dengan memanfaatkan program PPN DTP Pemerintah ini. Lalu apa saja syarat agar dapat mengikuti Program PPN DTP tersebut. Berikut ketentuan lebih lanjut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 6/PMK.010/2022 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

PPN terutang yang ditanggung Pemerintah atas penyerahan merupakan penyerahan yang terjadi pada saat:

1.      ditandatanganinya akta jual beli; atau

2.      ditandatanganinya perjanjian pengikatan jual beli lunas,

di hadapan notaris serta dilakukan penyerahan hak secara nyata untuk menggunakan atau menguasai rumah tapak siap huni atau satuan rumah susun siap huni yang dibuktikan dengan berita acara serah terima sejak 1 Januari 2022 sampai dengan 30 September 2022

Rumah tapak baru atau satuan rumah susun baru merupakan rumah tapak atau satuan rumah susun yang:

1.      telah mendapatkan kode identitas rumah; dan

2.      pertama kali diserahkan oleh Pengusaha Kena Pajak penjual yang menyelenggarakan pembangunan rumah tapak atau satuan rumah susun dan belum pernah dilakukan pemindahtanganan.

Jadi buat kalian yang berencana membeli rumah sudah saatnya karena peluang PPN DTP ini hanya berlangsung sampai akhir September 2022 saja. Bagi kalian yang masih sulit untuk mencari developer yang menyediakan program PPN DTP ini. Kalian bisa mengunjungi PT Citra Kedaton karena selain terkemuka developer ini juga sudah terpercaya. Banyak pilihan unit dan tersedia di beberapa lokasi di Yogyakarta menjadikan pilihan yang terbaik dalam berinvestasi ataupun sebagai tempat tinggal idaman kamu. Yuk segera Cek websitenya https://citrakedaton.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *